IKUTI
TEKAN TOMBOL[KLIK DI SINI UNTUK KONSULTASI] ATAU [HUBUNGI KAMI] UNTUK PENAWARAN KHUSUS
  • 3 tahun yang lalu / Untuk mendapatkan diskon, silahkan wa 081 555 430 626 (wa only)
Destinasi Wisata Religi Situs Walisongo di Jawa Tengah

Destinasi Wisata Religi Situs Walisongo di Jawa Tengah

Oleh : PT An Namiroh Travelindo - Kategori : Artikel
6
Mei 2021

Selain wilayah Jawa Timur, persebaran dakwah di pulau Jawa oleh Walisongo atau Sembilan Wali juga berpusat di daerah Jawa Tengah. Anda pasti cukup akrab dengan beberapa nama ulama yakni, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, hingga Sunan Kudus. Tokoh –tokoh tersebut diakui sangat berperan dalam dakwah Islam di Indonesia, khususnya di daerah Jawa Tengah.

Sepeninggal mereka, terdapat beberapa situs sejarah yang memberi cukup bukti terhadap penyebaran Islam di Jawa Tengah. Tempat-tempat tersebut tak pelak menjadi destinasi umat muslim dari berbagai daerah di Indonesia dengan tujuan berziarah maupun sekadar berwisata.

Bukan hanya saat bulan suci Ramadan, pada hari libur biasa tempat-tempat tersebut juga cukup padat dikunjungi oleh peziarah maupun pelancong. Berikut rangkuman destinasi wisata religi di Jawa Tengah tersebut.

Makam Sunan Kalijaga

Semasa hidup, Sunan Kalijaga memiliki peran sangat penting atas penyebaran Islam di wilayah Kerajaan Demak. Sebagai satu dari Walisongo, Sunan Kalijaga dikenal memiliki cara yang efektif ketika mendakwahkan Islam kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Wayang kulit dan berbagai kesenian jawa lainnya menjadi medium yang dipergunakan Sunan Kalijaga dalam berdakwah sehingga Islam mudah diterima oleh masyarakat.

Sunan Kalijaga dimakamkan di sebuah desa bernama Desa Kadilangu yang saat ini masuk dalam wilayah administrative Kabupaten Demak. Makam Sunan Kalijaga sangat sering diziarahi oleh umat muslim dari berbagai daerah di Indonesia.

Makam sunan kalijaga (Foto Kemendubud)

Masjid Agung Demak

Destinasi wisata religi di Jawa Tengah selanjutnya masih terletak di Kabupaten Demak. Tak jauh dari Desa Kadilangu, berdiri sebuah kompleks masjid besar yang dibangun pada masa pemerintahan Raden Patah di Kerajaan Demak. 

Masjid Agung Demak tersebut kini turut ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat. Arsitekturnya yang sebagian besar masih asli menjadi daya tarik Masjid Agung Demak.

Di belakang bangunan masjid tersebut juga terdapat kompleks pemakaman sultan-sultan Kerajaan Demak seperti Raden Patah dan Pangeran Sabrang Lor.

Makam Sunan Muria

Beralih ke Kabupaten Kudus. Lokasi makam Sunan Muria menjadi satu destinasi wisata religi yang selalu ramai dipadati oleh peziarah setiap harinya. Makam Sunan Muria berada di puncak Gunung Muria yang termasuk di wilayah Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Semasa hidup, Sunan Muria diketahui tinggal di atas gunung karena dianggap lebih tenang dan jauh dari gangguan. Untuk menuju ke makam Sunan Muria, peziarah bisa melewati anak tangga Gunung Muria

Makam Sunan Kudus dan Masjid Al-Aqsha

Masjid Kudus

Makam Sunan Kudus masih terletak di wilayah Kabupaten Kudus. Lokasi tepatnya di kawasan masjid Al-Aqsha Kudus, Jalan Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus. Situs ini menjadi lokasi favorit peziarah dari berbagai daerah di Nusantara.

Masjid Al-Aqsha Kudus merupakan masjid peninggalan Sunan Kudus yang memiliki keunikan. Gapura dan menaranya mirip dengan arsitektur kuil Hindu. Konon, bangunan tersebut sengaja dirancang demikian agar para mualaf yang sebelumnya memeluk agama Hindu tidak merasa asing apabila masuk ke masjid.

Makam Sunan Bonang di Rembang

Situs di Jalan Sunan Bonang, kilometer 4, Bonang, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah diyakini sebagai makam Sunan Bonang.

Keberadaan makam Sunan Bonang sampai saat ini diakui masih simpang siur. Ada tiga situs lain di wilayah Jawa Timur yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir satu dari Walisongo tersebut antara lain, Tuban, Kediri dan Pulau Bawean.

Sedangkan yang terletak di Rembang, Jawa Tengah ini kondisinya cukup sederhana. Tempat yang diyakini sebagai makam Sunan Bonang ini hanya ditandai dengan bunga melati tanpa nisan atau cungkup. Namun demikian, lokasi tersebut tak surut untuk dikunjungi oleh peziarah dan pelancong.

Demikian daftar sejumlah situs Walisongo yang acap dijadikan sebagai tujuan wisata religi di Jawa Tengah. Pada momen tertentu, semisal Ramadan dan peringatan hari besar Islam lainnya tempat-tempat tersebut semakin dipadati oleh pengunjung.

An Namiroh Travelindo bersedia memfasilitasi rencana ziarah Anda menuju situs sejarah Walisongo di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dapatkan paket napak tilas lima wali dan delapan wali dengan biaya yang sangat terjangkau hanya melalui An Namiroh Travelindo.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai paket dan fasilitas yang ditawarkan terlebih pemesanan, Anda bisa mengakses melalui link berikut https://namiroh.com/blog/paket/wisata-religi-napak-tilas-ziarah-wali-5-wali-8/#order.

0 Komentar