IKUTI
Hubungi 081231841090 untuk info lebih lanjut
  • 1 tahun yang lalu / Untuk mendapatkan diskon, silahkan wa 081 555 430 626 (wa only)
Tempat Bersejarah yang Patut Dikunjungi di Tanah Suci

Tempat Bersejarah yang Patut Dikunjungi di Tanah Suci

Oleh : PT An Namiroh Travelindo - Kategori : Artikel
1
Jun 2021

Tanah suci sudah tentu menyimpan banyak sekali sejarah. Terutama mengenai sejarah peradaban Islam.

Selain kakbah di kota Makkah Al Mukarramah, terdapat beberapa tempat yang patut untuk dikunjungi saat Anda berada di tanah suci. Apalagi kunjungan tersebut berkaitan dengan rangkaian ibadah umroh maupun haji.

Inilah ulasan lengkap tentang tempat-tempat bersejarah di tanah suci.

Perpustakaan Makkah Al-Mukarramah

Perpustakaan Makkah Al-Mukaramah dahulunya merupakan tempat tinggal nabi Muhammad SAW. (Wikipedia,org)

Tempat bersejarah pertama adalah perpustakaan Makkah Al-Mukarramah. Lokasinya berada di tak jauh dari Masjidil Haram, tepat di sebelah timur area Sa’i.

Pada bangunan tersebut tertulis Maktabah Makkah Al Mukarammah yang berarti Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah. Bangunan ini dulunya adalah tempat tinggal Rasulullah Muhammad SAW.

Penampakan dari luar gedung terdapat foto-foto yang menggambarkan suasana dan kondisi di dalam perpustakaan.

Jabal Tsur

Selanjutnya adalah Jabal Tsur atau Gunung Tsur. Gunung setinggi 458 meter ini berada di selatan Kota Mekkah.

Sebagai tempat bersejarah, di puncak Gunung Tsur terdapat Gua Tsur yang dalam kisahnya adalah tempat yang dipergunakan oleh Nabi Muhammad bersama Abu Bakar As-Shiddiq untuk bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy selama perjalanan hijrah ke Madinah.

Gua Tsur tempat nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar As-Siddiq bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy dalam perjalanan hijrah ke kota Madinah (medium.com)

Jabal Nur

Jabal Nur merupakan satu dari sekian tempat bersejarah di Kota Makkah. Jabal Nur atau Gunung Cahaya yang di puncaknya terdapat Gua Hira, tempat Nabi Muhammad SAW untuk pertama kalinya menerima wahyu yang disampaikan melalui Malaikat Jibril.

Untuk mencapai Gua Hira, Anda harus berjalan kaki, karena jalanan yang berbatu dan ukurannya cukup sempit.

Masjid Jawatha

Tempat bersejarah lainnya adalah Masjid Jawatha. Masjid Jawatha terletak di desa Al-Kilabiyah, Makkah, tepatnya di sebelah timur laut provinsi Jautha, Saudi Arabia.

Meski jauh dari Tanah Suci, Masjid Jawatha menyimpan kisah yang istimewa dalam sejarahnya. Masjid ini pernah dijadikan sebagai tempat menyimpan Hajar Aswad.

Dahulu, Hajar Aswad pernah dicuri oleh Kaum Qarmatians dari Makkah. Setelah didapatkan kembali oleh kaum Muslimin, batu tersebut kemudian disimpan di Masjid Jawatha selama 22 tahun.

Saat ini, meski struktur asli bangunan ini sudah rapuh. Meski demikian,Masjid Jawatha masih sering dikunjungi jemaah.

Masjid Quba

Masjid Quba adalah tempat ibadah umat Islam pertama yang dibangun Rasulallah Muhammad SAW saat hijrah di Madinah. Masjid ini dibangun pada 1 Hijriah atau 622 Masehi di atas kebun kurma seluas 1.200 meter persegi.

Masjid Quba memiliki 3 pintu utama, dua pintu untuk masuk jamaah laki-laki, dan satu pintu untuk jamaah perempuan. Keutamaan dari Majid Quba adalah siapapun yang mendatangi dan salat di dalamnya akan mendapat pahala yang sama seperti menunaikan ibadah umroh.

Masjid pertama yang didirikan nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah (pixabay.com)

Masjid Bilal bin Rabbah

Masih seputar masjid bersejarah. Masjid Bilal bin Rabbah juga menjadi tempat bersejarah yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di tanah suci.

Masjid Bilal bin Rabbah merupakan objek ziarah yang letaknya sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Masjid tersebut konon disebut sebagai tempat tinggal Bilal bin Rabbah selama di Madinah.

Seperti Anda ketahui, Bilal bin Rabbah adalah muadzin pertama yang memiliki kisah keteladanan tentang suatu perjuangan seorang budak yang menjaga aqidah meski harus mempertaruhkan nyawanya pada zaman Rasulallah.

Makam Al-Baqi

Makam Al-Baqi termasuk dalam daftar tempat bersejarah yang patut Anda kunjungi di tanah suci. Tempat ini merupakan pemakaman bersejarah yang terletak di Madinah.

Al-Baqi secara harfiah berarti kebun pohon. Tempat ini mendapat banyak perhatian karena diketahui sebagai tempat dimakamkannya anak Nabi Muhammad bernama Ibrahim juga para sahabat yang telah gugur.

Makam Al-Baqi pernah mengalami pembongkaran sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1806 dan 1926. Hari pembongkaran tersebut diperingati kaum Syiah sebagai hari kesedihan.

Pemakaman bersejarah dipercaya sebagai pemakaman anak nabi Muhammad SAW (wikimedia.org)

Dari tempat bersejarah seperti disebutkan di atas, tentu akan memberi hikmah tersendiri bagi keimanan sekaligus memperkaya khasanah keIslaman Anda.

Jika Anda baru berencana akan menunaikan umroh, jangan ragu untuk menggunakan jasa travel umroh murah An Namiroh Travelindo.  Dan dapatkan fasilitas dan layanan terbaik umroh plus, umroh plus Turki dan umroh plus Eropa. Untuk informasi lengkap mengenai paket umroh new normal, Anda bisa menghubungi nomor 0812-3184-1090 atau 0858-5587-3076 atau 0852-3007-0042.

0 Komentar