IKUTI
Hubungi 081231841090 untuk info lebih lanjut
  • 1 tahun yang lalu / Untuk mendapatkan diskon, silahkan wa 081 555 430 626 (wa only)
Sudah Tau Daya Tarik Masjid Al Aqsa?

Sudah Tau Daya Tarik Masjid Al Aqsa?

Oleh : PT An Namiroh Travelindo - Kategori : Artikel
1
Jun 2021

Isra Miraj yang diperingati setiap 27 Rajab memberi makna sejarah yang sangat penting terhadap umat Islam. Persitiwa tersebut adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW bertemu Allah SWT ke Sidratul Muntaha atau langit ke-tujuh dalam waktu hanya satu malam.

Sebagian muslim mengakui hal ini sebagai mukjizat Allah yang ditunjukan melalui Rasulnya, Muhammad SAW. Dalam perjalanan tersebut Rasulallah SAW sekaligus menerima perintah salat wajib lima waktu setiap hari.

Isra Miraj terjadi pada saat Rasulullah dilanda banyak cobaan dan ditinggal oleh orang terdekatnya. Allah SWT saat itu mengutus malaikat Jibril untuk membawa Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem, Palestina dan diangkat ke Sidratul Muntaha dalam satu malam saja.

Peristiwa tersebut juga menunjukan bahwa Allah memberikan kasih sayangnya  kepada orang yang beriman.

Selepas peristiwa tersebut, Masjidil Aqsa menjadi salah satu magnet bagi umat Muslim. Bahkan, Yerusalem sebagai tempat berdirinya majid tersebut dianggap sebagai tanah suci ke tiga setelah Makkah dan Madinah.

Hal ini tentunya tak lepas dari beberapa fakta yang kemudian menjadi daya tarik Masjidil Aqsa. Apa sajakah itu?, simak ulasannya berikut ini.

Kibat Pertama

Masjid Al Aqsa atau Masjidil Aqsa adalah salah satu situs tersuci bagi umat Islam selain Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Saat ini umat muslim menjadikan Kakbah di Masjidil Haram sebagai kiblat pertama. Tapi sebelum itu, Al Aqsa sempat menjadi kiblat bagi umat Islam. Perubahan kiblat dari Al Aqsa ke Kakbah itu tertuang dalam surat Al Baqara.

Banyak Masjid

Banyak yang mengira apabila Majid Al Aqsa ialah bangunan masjid tunggal. Padahal masjid utama di Al Aqsa bernama Al-Jami’ al-Aqsha. Letaknya di sisi selatan.

Ciri khas bangunan tersebut berupa kubah timah yang berwarna abu-abu. Masjid lain yang terletak di area tersebut antara lain Masjid Qibla, Masjid Al Sakhra (Dome of the Rock), Masjid Buraq, dan Masjid Marwani.

Kubah Pertama

Kubah emas sering menjadi pemandangan utama pada setiap foto atau video yang menunjukkan kompleks Al Aqsa. Kubah tersebut sebenarnya bertengger di Masjid Al Sakhra (Dome of the Rock). Inilah bentuk kubah pertama yang digunakan dalam sejarah awal arsitektur Islam.

Semula kubah ini terbuat dari kayu. Kemudian, oleh Sultan Turki Utsmaniyah ke-10, Suleiman, kubah tersebut dihiasi dengan potongan marmer dan lapisan emas khas.

Komplek Masjid Al Aqsa dikunjungi para peziarah (pixabay.com)

Tempat Cendikiawan

Teolog, ahli hukum dan filsuf Persia terkemuka Abu Hamid Al-Ghazali disebut sempat bermukim di Al-Aqsa.

Oleh beberapa sejarawan, Dia disebut sebagai salah satu orang Muslim paling berpengaruh dalam sejarah sejak Nabi Muhammad.

Di tempat itu, Al-Ghazali menulis bukunya Ihyaa Ulum Al-Din (Kebangkitan Ilmu Agama), yang dianggap sebagai salah satu karya terbesar dalam literatur Islam. Karyanya itu juga menjadi yang paling banyak dibaca di dunia Muslim di antara literatur Islam lainnya.

Perpustakaan Dalam Masjid

Daya tarik Al Aqsa selanjutnya yakni keberadaan perpustakaan Al Aqsa. Perpustakaan ini didirikan tahun 1923 oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi.

Perpustakaan Al Aqsa menyimpan banyak koleksi manuskrip berharga dan karya-karya yang diterbitkan dalam studi Islam dan Arab.

Kisah Isra Miraj

Umat Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad SAW diboyong oleh Jibril dari Masjid Suci di Makkah ke Al-Aqsa dalam waktu satu malam. Peristiwa ini dikenal sebagai Isra Miraj, salah satu peringatan terpenting dalam kalender Islam.

Disebutkan dalam surah Al Isra, bahwa dalam peristiwa itu, Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Mekah ke Yerusalem, kemudian naik ke surga menumpang makhluk surgawi, buroq.

Destinasi yang Perlu Disinggahi Saat Umroh

Demikian tadi fakta-fakta menarik mengenai Masjid Al Aqsa. Fakta-fakta yang diulas di atas juga menjadi alasan mengapa banyak peziarah atau jemaah umroh turut menyinggahi Masjid yang menjadi saksi sejarah besar Islam tersebut.

Agen travel yang menawarkan paket perjalanan umroh plus biasanya turut memuat rute menuju Masjid Al Aqsa. Satu di antaranya An Namiroh Travelindo. Masjid Al Aqso tentunya layak masuk dalam daftar destinasi persinggahan Anda ketika melakukan rangkaian ibadah umroh ke tanah suci. Untuk informasi lebih lengkap mengenai paket Umroh Plus Palestina hubungi nomor 0812-3184-1090 atau 0858-5587-3076 atau 0852-3007-0042.

0 Komentar