IKUTI
TEKAN TOMBOL[KLIK DI SINI UNTUK KONSULTASI] ATAU [HUBUNGI KAMI] UNTUK PENAWARAN KHUSUS
  • 3 tahun yang lalu / Untuk mendapatkan diskon, silahkan wa 081 555 430 626 (wa only)
Keunikan Kota Makkah yang Jarang Diketahui

Keunikan Kota Makkah yang Jarang Diketahui

Oleh : PT An Namiroh Travelindo - Kategori : Artikel
1
Jun 2021

Makkah Al Mukarramah memiliki sejumlah daya tarik. Hampir seluruh umat muslim bahkan mengetahui keistimewaan Makkah sehingga diakui sebagai tanah suci.

Tetapi, belum banyak yang mengetahui bahwa kota Makkah juga menyimpan beberapa keunikan. Apa saja?, kalau begitu langsung simak saja ulasan berikut ini.

Musala Tertinggi Di Dunia

Musala tertinggi tersebut berada di ketinggian 600 mdpl (meter di atas permukaan laut). Berlokasi di dalam hotel Makkah Clock Royal Tower yang bangunannya berjarak sekitar 200 meter dari Masjidil Haram.

Musala tersebut hanya berkapasitas enam sampai tujuh orang, namun acap dianggap sebagai musala teristimewa di dunia.

Tak Pernah Sunyi

Menurut sebuah referensi, sebelum pandemi COVID-19 melanda dunia, kota Makkah dikunjungi lebih dari 8,75 juta jemaah umroh dan haji dari luar jazirah arab setiap tahunnya.  

Jumlah pelancong bisnis ke kota itu juga terus mengalami peningkatan, Jumlah kunjungan ke kota Makkah diperkirakan meningkat menjadi 30 juta orang per tahun pada tahun 2030 mendatang.

Mengingat pentingnya sebagai kota suci bagi umat Islam dari seluruh dunia, Makkah berada di pusat rencana pengembangan komprehensif yang mencakup transportasi umum, pendidikan, infrastruktur, akomodasi, dan lainnya.

Dari catatan tersebut menunjukan bahwa kota Makkah tak kunjung sepi dari wisatawan dan peziarah. Kota ini tak pernah sunyi.

Kerumunan jema’ah di kota Makkah saat musim Haji (pixabay.com)

Kota Pertama yang Dilintasi Mobil

Sama halnya dengan kota-kota lain di belahan dunia manapun. Mobil mewah di atas jalan raya kota Makkah merupakan pemandangan biasa.

Tetapi tahukah Anda, bahwa mobil milik Sharif Awn Al-Rafiq, penguasa Makkah dari tahun 1882 hingga 1905 adalah yang pertama kali menggelinding di kota Makkah. Dan fakta ini sekaligus tercatat sebagai mobil pertama yang melintas di jazirah arab.

Lalu lalang kendaran bukan pemandangan asing di kota Makkah (pixabay.com)

Menara jam terbesar di dunia

Kompleks Abraj Al Bait di pusat Makkah memecahkan banyak rekor dunia. Menara Jam setinggi 600 meter di kompleks ini adalah bangunan tertinggi ketiga di dunia.

Permukaan jam yang bisa dilihat dari kejauhan sekitar 17 kilometer itu juga menjadi yang terbesar di dunia,

Jam tersebut diterangi oleh jutaan lampu LED dan 26 lampu sorot. Mampu menerangi langit hingga setinggi 10 kilometer.

Menarah jam terbesar di dunia ada di Makkah (pixabay.com)

Permukiman Tertua Di Dunia

Makkah tercatat sebagai salah satu kawasan pemukiman tertua di dunia. Aliran air zamzam yang merupakan buah tangan khas kota ini diketahui telah mengalir sejak 4.000 tahun lalu.

Jaringan pengangkut sampah terbesar di dunia

Di samping situs-situs religi dan pusat kota yang ramai, Makkah ternyata memiliki fasilitas yang menopang kebersihan di kota tersebut.

Kota Makkah dilengkapi jaringan pengangkut sampah otomatis terbesar di dunia untuk menangani sampah kota, termasuk 600 ton yang dihasilkan setiap hari selama musim haji dan Ramadan,

Sampah tersebut dihimpun dari 318 titik untuk diangkut menuju Central Utility Complex (Kompleks Pusat Utilitas) di luar kota. Pengangkutan dilakukan melaui jaringan pipa bawah tanah sepanjang 30 kilometer.

Kakbah

Ka’bah selalu menjadi perhatian Dunia (pixabay.com)

Kakbah menjadi kiblat beribadah umat Muslim di dunia setelah menggantikan Al Aqsa. Kata Makkah yang dalam bahasa Inggris disebut Mecca, sering menjadi kiasan yang bermakna pusat perhatian.

Posisi Kakbah yang terletak di kompleks Masjidil Haram merupakan area terendah di Makkah. Saat musim hujan yang ekstrem, area ini berisiko terendam banjir.

The Telegraph pernah menulis apabila Kakbah merupakan bangunan termahal di dunia, Renovasi yang sempat dilakukan terhadap bangunan tersebut menelan biaya hingga US$100 miliar.

Demikian keunikan kota Makkah di Arab Saudi. Dalam artikel sebelumnya, kami juga telah membahas tentang keistimewaan tanah suci yang memuat tentang adab yang berlaku di kota Makkah.

Semoga Informasi ini akan bermanfaat bagi Anda yang berencana berkunjung atau beribadah ke tanah suci.

Jika Anda berencana menunaikan umroh dan belum menentukan travel umroh untuk memfasilitasi keberangkatan, An Namiroh Travelindo bisa menjadi solusi tersebut.

Percayakan travel umroh murah dari Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Malang, dan Blitar kepada An Namiroh Travelindo. Dan dapatkan layanan serta fasilitas umroh plus Turki dan Eropa terbaik.

Untuk informasi mengenai paket umroh new normal selengkapnya, hubungi nomor 0812-3184-1090 atau 0858-5587-3076 atau 0852-3007-0042 sekarang juga.

0 Komentar