IKUTI
TEKAN TOMBOL[KLIK DI SINI UNTUK KONSULTASI] ATAU [HUBUNGI KAMI] UNTUK PENAWARAN KHUSUS
  • 3 tahun yang lalu / Untuk mendapatkan diskon, silahkan wa 081 555 430 626 (wa only)
Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Umroh

Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Umroh

Oleh : PT An Namiroh Travelindo - Kategori : Artikel
10
Mei 2021

Ibadah umroh menjadi pilihan banyak Muslim di Indonesia, di tengah panjangnya antrean kuota pemberangkatkan ibadah Haji.

Prosesi ibadah umroh dengan haji secara umum tidak jauh berbeda.  Selain itu, rangkaian ibadah umroh juga lebih singkat ketimbang ibadah Haji.

Untuk Anda yang berencana menunaikan umroh di tanah suci, sekiranya patut mempersiapkan diri agar ibadah dapat terlaksana lebih maksimal.  Persiapan apa saja yang perlu Anda lakukan sebelum beribadah umroh?, simak ulasan berikut ini.

Memperdalam Wawasan Mengenai Umroh

Sebelum menunaikan umroh, Anda perlu mempelajari serta memperdalam pengetahuan dan informasi seputar ibadah umroh sebagai persiapan paling awal.

Dalam rangkaian ibadah Umroh tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh jemaah. Termasuk larangan-larangan yang patut dipatuhi.  Sehingga para calon jemaah sangat penting untuk membekali diri. Minimal dengan informasi mengenai tata cara Ibadah Umroh.

Mempersiapkan Dokumen Penting

Ilustrasi Pemeriksaan Visa dan Paspor (Pixabay.com)

Dokumen menjadi satu di antara persyaratan penting dalam proses pendaftaran ibadah umroh.

Selain kartu identitas dan paspor, visa umroh juga menjadi dokumen yang wajib dipersiapkan. Visa ini berfungsi sebagai izin untuk mengunjungi negara Arab Saudi dan sekaligus menunaikan ibadah umroh.

Travel umroh resmi yang menyediakan jasa paket perjalanan umroh akan membantu Anda dalam proses penerbitan visa umroh di Kedutaan Besar Arab Saudi. Seperti misalnya, travel umroh An Namiroh yang berbasis di Mojokerto, Jawa Timur.

Sehingga Anda tinggal melengkapi beberapa dokumen pendukung, biasanya berupa KTP asli dan fotokopi, kartu keluarga terbaru, surat rekomendasi dari travel umroh, formulir surat permohonan penambahan nama dengan materai,  buku nikah, akta lahir asli, surat keterangan Mahram (khusus untuk jamaah wanita berusia di bawah 40 tahun yang diwajibkan didampingi oleh suami atau mahramnya), dan lain sebagainya.

Mempersiapkan Kondisi Fisik Dan Kesehatan

Menempuh perjalanan menuju Arab Saudi yang dilanjut dengan rangkaian ibadah tentu menuntut Anda untuk memiliki kondisi fisik prima. Apalagi, cuaca dan iklim di tanah suci pastinya berbeda dengan di Indonesia.

Untuk itu, sebelum berangkat menuju tanah suci persiapkanlah stamina dan kondisi kesehatan tubuh Anda. Mulailah dengan rutin berolahraga, mengatur pola makan yang sehat, serta melakukan pengecekan kesehatan secara rutin dan istirahat cukup.

Persiapan ini perlu Anda lakukan jauh sebelum hari keberangkatan, agar fit saat menjalani rangkaian ibadah Umroh.

Joging Membantu Kebugaran Tubuh (Pixabay)

Manasik Umroh

Sebelum pemberangkatan ke tanah suci, calon jemaah terlebih dahulu mengikuti manasik umroh yang digelar oleh agen travel. Travel umroh An Namiroh misalnya, menyediakan layanan manasik sebagai bagian dari paket perjalanan ibadah umroh agar jemaah memahami tata cara ibadah umroh secara tepat dan benar.

Manasik sangat penting untuk Anda ikuti, agar saat hari pelaksanaannya nanti  telah mengetahui setiap syarat dan rukun umroh. Materi yang diberikan saat manasik tentunya sesuai dengan Sunnah Rasul mulai dari mengenakan Ihram hingga Tahallul.

Persiapan ini sekaligus akan membantu Anda untuk menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan dalam hal tata cara ibadah umroh di tanah suci kelak.

Persiapan Rohani

Jika sebelumnya telah disinggung tentang persiapan fisik dan kesehatan, maka yang juga sangat penting adalah persiapan rohani. Dalam hal ini persiapan yang dilakukan adalah meluruskan niat ibadah umroh dan memohon Ridho Allah SWT serta orang di lingkungan sekitar kita.

Selain salat taubat, Anda juga perlu memohon restu dari keluarga, saudara, teman-teman, hingga tetangga dan kerabat lainnya. Hal ini juga dipercaya dapat memperlancar seluruh hajat yang Anda jalani selama di tanah suci.

Dengan harapan Anda dapat menjadi pribadi yang lebih tawakal selama menjalankan rangkaian ibadah dan sepulangnya kembali ke tanah air.

Persiapan Rohani Sebelum Umroh (Pixabay.com)

Mempersiapkan Kebutuhan Pendukung Ibadah Umroh

Satu lagi persiapan yang tidak boleh dilewatkan sebelum berangkat umroh yakni mempersiapkan berbagai perlengkapan ibadah dan kebutuhan lainnya selama di tanah suci nanti. Mulai dari pakaian, obat-obatan pribadi, pakaian Ihram, sarung, mukena, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan sebelum beribadah umroh. Untuk perjalanan umroh, umroh plus, umroh plus Palestina, Turki, Eropa dan Afrika yang aman dan nyaman, percayakan kepada travel umroh An Namiroh.

Selain menawarkan fasilitas dan berbagai kemudahan, Anda juga berpeluang mendapat biaya pemberangkatan yang terjangkau dari An Namiroh Travelindo. Pesan sekarang atau kontak nomor 0812-3184-1090 atau 0858-5587-3076 atau 0852-3007-0042 untuk informasi lebih lengkap mengenai paket umroh new normal.

0 Komentar