IKUTI
Hubungi 081231841090 untuk info lebih lanjut
  • 2 tahun yang lalu / Untuk mendapatkan diskon, silahkan wa 081 555 430 626 (wa only)
Destinasi Wisata Religi Di Jawa Timur

Destinasi Wisata Religi Di Jawa Timur

Oleh : PT An Namiroh Travelindo - Kategori : Artikel
10
Mei 2021

Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat persebaran Islam di Indonesia. Walisongo atau Sembilan wali merupakan ulama besar yang sangat berperan dalam dakwah Islam di daerah tersebut.

Sejarah mengenai dakwah yang dilakukan oleh para wali di daerah tersebut telah memberi pengaruh besar terhadap wajah Islam di Indonesia saat ini.

Maka tak heran apabila beberapa tempat atau wilayah yang menjadi pusat dakwah para wali khususnya di Jawa Timur, kini sering dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Banyak masyarakat yang mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk berziarah bahkan napak tilas demi memaknai keimanan tentang Islam.

Sejumlah destinasi wisata religi tersebut antra lain :

Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel

Untuk diketahui, Sunan Ampel yang memiliki nama kecil Raden Rahmat, merupakan satu dari sembilan wali (walisongo) yang berperan menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Sunan Ampel wafat sekitar tahun 1481 di Demak dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.

Ketika memasuki kawasan wisata religi Sunan Ampel, Anda akan disambut dengan suasana khas Timur Tengah. Menurut kisahnya, kawasan Ampel merupakan pertemuan berbagai etnis, yang didominasi oleh etnis keturunan Arab. Pemerintah Kota Surabaya menetapkan kawasan tersebut sebagai cagar budaya.

Kawasan ini menawarkan banyak penggalan sejarah mengenai dakwah yang dilakukan Sunan Ampel di wilayah Surabaya. Makam Sunan Ampel menjadi tempat yang paling banyak diziarahi.

Makam Sunan Bonang di Tuban

Sunan Bonang atau Raden Maulana Makdum Ibrahim merupakan satu dari Walisongo yang mendakwahkan Islam di tanah Jawa pada abad ke 14. Makam Sunan Bonang di Tubah, sering dikunjungi peziarah lokal, luar kota hingga mancanegara.

Sebenarnya ada empat tempat yang disebut sebagai makam Sunan Bonang. Tapi makam yang terletak di belakang Masjid Agung Tuban ini paling populer diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir Sunan Bonang.

Lokasinya berada tidak jauh dari Alun-alun Tuban. Di area tersebut pengunjung juga bisa membeli kuliner khas Tuban seperti Legen dan Siwalan. Anda juga bisa membeli batik Gedog khas Tuban sebagai oleh-oleh.

Makam Sunan Drajat di Paciran, Lamongan 

Sunan Drajat lahir sekitar tahun 1470 dengan nama kecil Raden Qasim, Ia juga mendapat gelar Raden Syarifudin. Sunan Drajat adalah putra dari Sunan Ampel, sekaligus saudara Sunan Bonang.

Makam Sunan Drajat terletak di Paciran, daerah pinggiran kota Lamongan. Makam tersebut kini menjadi destinasi wisata religi yang sering dikunjungi peziarah. Terutama pada momen liburan.

Area makam Sunan Drajat dikelilingi pemandangan alam indah sehingga menawarkan spot foto yang menarik.

Makam Sunan Giri di Gresik

Makam Sunan Giri ramai dikunjungi oleh pelancong dari berbagai daerah. Area makam yang berada di perbukitan itu menyajikan pemandangan yang sedap di mata. Terutama saat malam hari.

Makam Sunan Giri terletak di area perbukitan Desa Giri, Kebomas, Gresik. Ada tiga akses masuk menuju makam tersebut, yakni dari arah Masjid Sunan Giri, kemudian dari undakan tengah melintasi candi bentar dan patung naga berukuran besar, serta masuk dari arah Makam Sunan Prapen.

Fondasi batuan putih pada bagian luar makam dihiasi sejumlah ornamen menarik. Dinding gebyog kayu juga dihiasi ukiran cantik.

Makam Syaikh Maulana Malik Ibrahim di Gresik 

Destinasi wisata religi yang juga berada di Gresik adalah makam Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal dengan nama Sunan Gresik. Kompleks Makam ini terletak tidak jauh dari alun-alun Kota Gresik.

Selain berziarah, wisatawan juga bisa berkeliling di sekitar makam dan berbelanja kuliner khas sebagai oleh-oleh.

Syaikh Maulana Malik Ibrahim adalah satu dari Walisongo yang dikenal pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Ia dimakamkan di desa Gapurosukolilo, kota Gresik, Jawa Timur.

Itulah daftar destinasi wisata religi di Tawa Timur yang paling sering dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah di Indonesia.

Percayakan rencana napak tilas dakwah para wali di pulau Jawa Anda kepada An Namiroh Travelindo. Dapatkan paket perjalanan satu hari lima wali dan dua hari delapan wali yang ditawarkan dengan biaya cukup terjangkau oleh An Namiroh Travelindo.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fasilitas dan rute perjalanan, Anda bisa mengakses link berikut https://namiroh.com/blog/paket/wisata-religi-napak-tilas-ziarah-wali-5-wali-8/#order.

0 Komentar